Rabu, 06 Maret 2013

snorkelling


Snorkelling merupakan salah satu cara untuk menikmati keindahan bawah laut secara langsung. Kegiatan ini cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa pun. Anda hanya perlu rileks dan merasa nyaman ketika berada dalam air.
    Teknik dasar snorkelling meliputi ketrampilan alat dan ketrampilan keselamatan. Ketrampilan alat di mana Anda harus menguasai penggunaan alat dalam air. Sedangkan ketrampilan keselamatan berarti nantinya Anda harus mampu menangani hal-hal yang mungkin terjadi saat snorkelling, misalnya kram.
    Sebelum memulai aktivitas snorkelling di laut, ada baiknya untuk berlatih di kolam renang atau pantai untuk menguasai alat. Latihan biasanya tidak dibutuhkan waktu yang lama, ketika Anda sudah merasa nyaman dengan peralatan maka diperbolehkan snorkelling di laut.
    Peralatan yang dibutuhkan untuk bersnorkelling bisa Anda sewa atau membeli sendiri, tergantung seberapa sering Anda melakukan aktivitas ini. Dan berikut beberapa peralatan snorkelling yang Anda butuhkan:
  • Masker. Pastikan masket terpasang erat di wajah sehingga tidak kemasukan air. Lakukan pengetesan dengan cara menempelkan masker di wajah dan tarik napas. Jika masker tetap menempel di wajah tanpa perlu diikat maka masker sudah pas dan erat. Kaca masker harus berjenis tempered glass sehingga jika pecah hanya akan membentuk retakan.
  • Snorkel. Panjang snorkel umumnya sekitar 35 cm dan lebih baik memilih dengan valve sehingga mudah mengeluarkan air yang masuk dalam snorkel.
  • Fins atau kaki katak. Kenyamanan harus menjadi nomer satu ketika Anda memilih fins. Fins terbagi menjadi dua jenis, full loot dan open heels. Jika memilih open heels maka Anda harus memakai booties atau reef shoes.
  • Pakaian. Anda bisa menggunakan wet suit atau skin suit tergantung suhu air. Anda juga bisa menggenakan legging dan kaus lengan panjang karena yang terpenting pakaian harus menutup seluruh tubuh agar tidak mengalami sengatan sinar matahari.
Berikut ini beberapa tips bersnorkelling yang perlu Anda perhatikan :
  • Bernapas melalui hidung seperti biasanya dan hindari dahulu memelihara kumis. Jika Anda memiliki kumis, bisa menggunakan pelembab sebagi penggumpal kumis agar tidak terjadi kebocoran pada selang sehingga air laut ikut tersedot.
  • Ketika berada di dalam air, cobalah untuk menengok ke atas untuk memantau keadaan di luar air. Hal ini untuk menghindari kedatangan perahu lain yang mungkin saja sedang berada di dekat Anda.
  • Perhatikan suhu air, gelombang, arus, dan visibilitas ketika hendak bersnorkelling.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan dan ingin bersnorkelling.
Jika Anda pemula pastikan meminta guide untuk menemani. Perhatikan aturan-aturan yang diterapkan di aera snorkelling, misalnya dilarang menyentuh benda laut karena mungkin beracun. Olahraga snorkelling dapat dikatakan tidak memiliki resiko berbahaya selama Anda benar-benar mematuhi peraturan yang berlaku.

1 komentar:

Bajusenamgrosir mengatakan...

Selamat sore Gan....
untuk Manfaat dari snorkelling itu apa saja ya dan apakah ada baju senam khusus untuk olah raga ini
Terima kasih

Posting Komentar

 

Blogger templates

Blogroll

About